News |    
Rapat Koordinasi Tim Adhyaksa Corner Kejati Sumut Dengan OPD Dinas Pendidikan Provsu Dan OPD Dinas Kelautan Dan Perikanan Provsu Terkait Tindak Lanjut SKK Penyelamatan Aset Pemprovsu | Rapat Koordinasi Teknis Tim Adhyaksa Estate Kejati Sumut, PTPN III (Persero) dan Tim Intel Polda Sumut, terkait upaya pengambilalihan Areal Garapan seluas ±60 Ha di Afdeling IV Kebun Bangun, Kota Pematangsiantar | Tim Penyidik Pidsus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Limpahkan Berkas Dugaan Korupsi Pupuk Curah 7,2 M | Kajati Sumut Menjadi Narasumber dalam kegiatan FGD Menghadapi Problem Overcrowded, Koordinasi dan Kerjasama antara Kepolisian, Kejaksaan dan Pemasyarakatan | Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara IBN. Wiswantanu,SH.,MH menerima penghargaan dari (BPI KPNPA) Atas Kinerja Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik yang Bersih, Transparan, Bebas dari Korupsi. | Rapat Koordinasi dengan PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara terkait Pendapat Hukum (Legal Opinion) tentang Pekerjaan Uprating Instalasi Pengolahan Air Sunggal dan Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Pancur Batu. | 

Kebijakan Privasi e-absensi Android Kejaksaan Tinggi Sumut 

Kebijakan berikut ini menjelaskan bagaimana kami, mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengelola, menguasai, mentrasfer, mengungkapkan dan melindungi informasi pribadi anda. Kebijakan ini berlaku kepada seluruh pengguna e-absensi kejati sumut versi android, kecuali diatur pada kebijakan privasi yang terpisah. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2020 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia, bahwa perlu ditetapkannya Peraturan Kejaksaan  yang bertujuan untuk mengoptimalkan dan pemantauan kinerja ASN di LingkunganKejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan pertimbangan pemberianTunjangan Kinerja Pegawai kepada PNS dan CPNS disesuaikan berdasarkan Peraturan Kejaksaan Nomor 4 Tahun 2020. 

Dalam hal ini jumlah Tunjangan Kinerja Pegawai diberikan berdasarkan pengumpulan data dan rekapitulasi yang dilakukan melalui aplikasi e-absensi andorid sebagai inputan data / penghimpun data kinerja kehadiran setiap ASN yang bekerja di Lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. 

Mohon baca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa anda memahami bagaimana proses pengelolaan data yang kami lakukan.

Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut : 

1.        Informasi Pribadi yang kami kumpulkan

Aplikasi E-ABSENSI menarik data dan mengumpulkan “Informasi Pribadi” terkait kepegawaian sebagai ASN di Lingkungan Kejakasaan Tinggi Sumatera Utara yang seutuhnya bersumber dari subbagian kepegawaian yang diinputkan oleh admin yang diberi kewenangan untuk mengisi data kepegawaian masing-masing instansi pada aplikasi portal E-ASN dalam hal ini melalui sub aplikasi e-simpeg (Sistem Informasi Kepegawaian). Informasi pribadi termasuk, tetapi tidak terbatas pada NIP, Nama dan gelar, jenis kelamin, tanggal lahir, jabatan dan golongan, termasuk data absensi harian sesuai hari kerja masing-masing yang di dapatkan dari aplikasi e-absensi android termasuk lokasi koordinat titik pengambilan absensi. Pengumpulan informasi lengkap guna keperluan kebutuhan dalam aplikasi portal E-ASN sebagaimana dimaksudkan termasuk tujuan yang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Informasi yang kami kumpulkan setiap kali anda menggunakan aplikasi E-ABSENSI ANDROID:

·       Setiap kali anda menggunakan aplikasi, kami dapat mengumpulkan informasi data teknis tertentu selama penggunaan seperti alamat protokol internet, informasi halaman web yang dilihat, durasi kunjungan, informasi versi perangkat lunak OS dan model hardware yang anda gunakan.

·       Setiap kali anda login menggunakan username dan password, secara langsung kami mengumpulkan log aktivitas anda di setiap state page aplikasi yang kami simpan dalam server Kejaksaan Tinggi Sumut dan beberapa informasi log tersimpan pada perangkat android anda.

·       Pengguna yang dapat melakukan login aplikasi E-ABSENSI adalah PNS dan CPNS yang telah terdaftar dengan nomor indentitas kerja masing-masing seperti NIP/NIK yang diakui.

·       Setiap kali anda menggunakan aplikasi kami mengumpulkan informasi data biometrik fingerprint anda, yang digunakan untuk keamanan penggunaan akses login kedalam aplikasi untuk melakukan pengambilan absensi. Data biometrik anda tidak kami simpan pada server dan hanya tersimpan pada perangkat android yang anda gunakan.

·       Setiap anda menggunakan aplikasi dalam pengambilan absensi kami mengumpulkan data titik lokasi perangkat android anda dalam hal ini lokasi GPS asli yang sedang anda gunakan.

·       Setiap anda menggunakan aplikasi dalam pengambilan absensi kami mengumpulkan data IMEI1 dan IMEI2 dari perangkat anda untuk keperluan pencegahan manipulasi data absensi oleh pengguna sebagai bukti preventif jika suatu saat ada indikasi manipulasi data dan perangkat yang sudah di modifikasi (root).

·       Setiap anda menggunakan aplikasi pada saat absensi kami mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk keperluan absensi sebagai kriteria kinerja seperti : Foto anda, waktu pengambilan absensi, titik lokasi GPS pengambilan absensi, dan informasi kantor anda. Semua informasi absensi tersebut terkirim dan tersimpan pada server Kejaksaan TinggiSumatera Utara melalui persetujuan pengguna.

·       Penilaian dan komentar yang anda berikan akan tersimpan pada pihak ketiga yaitu Google yang dapat dilihat pada google playstore dan semua hal terkait isi, rating dan konten yang terkirim pada playstore dengan akun pengguna masing-masing adalah menjadi resiko dan tanggung jawab anda. Kami tidak bertanggung jawab jika ada isi komentar yang terindikasi negatif seperti perkataan kasar, sara & rasisme. 

2.       Penggunaan Informasi Pribadi yang kami kumpulkan

Kami dapat menggunakan informasi pribadi terkait kinerja dalam koridor data kerja sebagai ASN di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara untuk tujuan yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (“Tujuan”):

Jika anda adalah pengguna, kami dapat menggunakan informasi Pribadi anda :

·       Data absensi anda digunakan untuk perekapan data sesuai kebutuhan aplikasi.

·       Pengambilan data jabatan, dan golongan untuk penyesuaian perhitungan pada jumlah Tunjangan Kinerja yang akan diberikan.

·       Untuk memantau dan menganalisa aktivitas kinerja ASN dalam bentuk eksekutif report tabel dan grafik yang di akumulasi dan di persentasekan berdasarkan masing-masing kantor.

·       Mengetahui jumlah absensi termasuk elemen kehadiran, keterlambatan, izin, cuti dan alfa yang selanjutnya dihutung dan direkap dalam dalam bentuk laporan tertentu sesuai kebutuhan. 

3.        Pemberian Informasi Pribadi yang kami kumpulkan

Kami dapat mengungkapkan atau membagikan informasipribadi anda dengan instansi anda dan pihak lain untuk tujuan sebagai berikut ini serta untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dalam tatanan organisasi Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang berlaku:

·       Kami dapat memberikan informasi terkait data pribadi anda kepada pimpinan unit pengelola layanan aplikasi.

·       Kami dapat memberikan informasi terkait foto dan status absensi pada laman dashboard marque bergerak dari bawah ke atas yang di sajikan dan dapat dilihat  secara publik.

·       Kami dapat memberikan data rekap absensi anda kepada pimpinan ataupun jabatan yang ditunjuk pada setiap masing-masing instansi.

·       Kami dapat memberikan informasi data rekap nilai besaran Tunjangan Kinerja berdasarkan data absensi masing-masing pegawai.

·       Kami dapat memberikan data rekap infomasi meliputi profil pegawai, data kinerja kehadiran atau absensi melalui API (Aplication Programming Interface) kepada pihak lain untuk digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

4.       Penyimpanan Informasi Pribadi

Informasi dan data pribadi anda kami simpan pada database Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan akan disimpan selama masih diperlukan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Data tersebut berupa data absensi meliputi foto setiap kali melakukan absensi kedatangan dan kepulangan, titik lokasi GPS google maps anda, tanggal dan waktu absensi, IMEI1 dan IMEI2, serta logaktivitas dari setiap state page penggunaan aplikasi.Kami akan berhenti menyimpan informasi pribadi, atau menghapus maksud dari dikaitkannya informasi pribadi tersebut dengan anda sebagai individu, segera setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan informasi pribadi tersebut tidak lagi dibutuhkan dan penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan administrasi dan wewenang pemerintahan. 

5.        Akses dan koreksi Informasi Pribadi

·     Tunduk pada peraturan-peraturan yang berlaku, anda dapat meminta untuk mengakses dan/atau mengoreksi informasi pribadi anda yang berada dalam kepemilikan dan penguasaan pengelola aplikasi, dengan menghubungi kontak pengelola yang disediakan dibawah ini.

·     Pengelola berhak menolak permintaan anda untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua informasi anda yang dimiliki atau kuasai pengelola jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana informasi pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang dianggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan dalam hal ini melalui permintaan dan izin pimpinan yang dilakukan secara formal dan tertulis.

·     Kesalahan yang terjadi pada aplikasi dalam hal ini adalah error berdasarkan kesalahan penggunaan aplikasi yang mengakibatkan keterlambatan absensi menjadi tanggung jawab dan resiko pengguna.

·     Kesalahan yang terjadi pada aplikasi error jaringan dan server di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang mengakibatkan keterlambatan absensi menjadi tanggung jawab Kejaksaan Tinggi Sumut dan disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku sesuai kewenangan pimpinan atau pejabat di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara 

6.       Tempat kami menyimpan Informasi Pribadi anda

·     Semua informasi pribadi anda yang kami kumpulkan dapat ditransfer melalui jaringan internet dalam hal ini disediakan oleh pihak ke tiga yang sudah memiliki kredibilitas keamanan dan direkomendasikan dari instansi yang memiliki kewenangan dalam pengadaan barang dan jasa sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku yang bertujuan untuk melancarkan jalannya administrasi pemerintahan sebagai penyedia jasa layanan internet di lingkungan Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Utara

·     Data dan informasi NIP, fingerprint, log aktivitas disimpan pada perangkat pribadi yang anda gunakan dan kami tidak menyimpan nya pada server.

·     Data informasi absensi, foto, tanggal dan waktu, titik gps lokasi pengambilan absensi kami simpan pada perangkat server.

·     Data dan informasi anda kami simpan pada database didalam perangkat hardware server fisik yang berada pada kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam hal ini di tangani dan dikuasai oleh Tim Pengelola Aplikasi. 

1.        Keamanan Informasi Pribadi Anda

Kerahasiaan informasi pribadi anda adalah hal yang terpenting bagi kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data dan informasi pribadi anda dari akses, pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa. Namun, pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walau kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi informasi pribadi anda, anda mengakui bahwa kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan informasi pribadi apa pun yang anda kirimkan melalui Internet, atau menjamin bahwa informasi pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali kami. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun anda, termasuk kata sandi anda dari siapapun dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang anda gunakan. 

Penggunaan aplikasi e-absensi android dengan menggunakan jaringan internetdari perangkat yang anda pilih dan gunakan dalam hal ini operator layanan jaringan internet dan Wifi yang anda gunakan yang mengakibatkan kegagalan data dan absensi sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan resiko anda. Kecuali penanganan kasus khusus yang terjadi secara menyeluruh sesuai kewenangan kebijakan dan aturan yang berlaku.         

2.       Perubahan atas Kebijakan Privasi ini

Kami dapat meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa Kebijakan Privasi ini konsisten dengan  perkembangan kami di masa depan, dan/atau perubahan persyaratan hukum atau  peraturan. Jika kami memutuskan untuk mengubah Kebijakan Privasi ini, kami akan memberitahu anda tentang perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada Aplikasi. Anda setuju bahwa anda bertanggung jawab untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara teratur untuk informasi terbaru tentang pengolahan data dan praktik perlindungan data kami, dan bahwa dengan anda terus menggunakan Aplikasi atau situs web kami, berkomunikasi dengan kami, atau mengakses dan menggunakan layanan setelah adanya perubahan apapun terhadap Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan segala perubahannya dan dianggap membantu administrasi pemerintahan di lingkungan provinsi sumatera utara. 

3.        Pengakuan dan persetujuan

·        Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, anda mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, anda setuju dan memberikan persetujuan kepada kami untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, atau mengolah Informasi Pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

·        Dalam keadaan di mana anda memberikan kepada kami Informasi Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (seperti Informasi Pribadi yang berkaitan dengan pasangan anda, anggota keluarga, teman, atau pihak lain), anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Informasi Pribadi mereka oleh kami. 

4.       Data anonim

Kami dapat membuat, menggunakan, melisensikan atau mengungkapkan Informasi Pribadi dan data kinerja anda, yang tersedia, dengan catatan, (i) bahwa semua hal yang dapat mengidentifikasi telah dihapus sehingga data, baik sendiri atau dikombinasi dengan data lain yang tersedia, tidak dapat dihubungkan dengan atau dikaitkan dengan atau tidak dapat mengidentifikasi suatu individu, dan (ii) data serupa telah digabungkan sehingga data asli membentuk bagian dari kumpulan data yang lebih besar. 

5.        Platform pihak ketiga

·    Saat anda menggunakan Aplikasi kami dan mengaktifkan fitur sidik jari (fingerprint)di perangkat seluler anda untuk keperluan autentikasi, harap dicatat bahwa kami tidak menyimpan data biometrik tersebut pada server database aplikasi, kecuali diberitahukan lain kepada anda, data tersebut tersimpan di perangkat seluler anda dan dapat disimpan oleh pihak ketiga, seperti pembuat perangkat anda. Anda setuju dan mengakui bahwa kami tidak bertanggung jawab atas setiap akses tidak sah atau kerugian apapun atas data biometrik yang tersimpan di perangkat seluler anda pribadi.

·        Perekaman Informasi yang diambil dari data absensi dilakukan melalui perangkat seluler anda menggunakan akses layanan API maps yang di sediakan oleh pihak ketika dalam hal ini di sediakan oleh Google.

·        Layanan jaringan internet yang diperlukan saat penggunaan aplikasi e-absensi android yang anda gunakan berasal dari operator / provider yang anda pilih. 

6.       Izin dan Akses perangkat anda

Aplikasi E-ABSENSI ANDROID dalam akses penggunaannya memerlukan izin dan akses atas persetujuan anda melalui perangkat yang anda gunakan diantaraanya :

·     Aplikasi e-absensi android pada perangkat smartphone anda menggunakan izin manifest ACCESS_NETWORK_STATE, LOCATION, INTERNET, CAMERA, READ & WRITE_EXTERNAL_STORAGE, PHONE_STATE, BIOMETRIC / FINGERPRINT, WAKE_LOCK.

·     Aplikasi e-absensi androdi tidak bisa dan TIDAK DIIZINKAN / TIDAK DIPERBOLEHKAN di gunakan melalui perangkat android ROOT / DIMODIFIKASI dan EMULATOR Android.

·     Semua ketentuan manifest akses kami pergunakan untuk alasan keamanan data dan antisipasi dari tindakan manipulasi data absensi yang akan dikirimkan oleh ASN sebagai pengguna aktif aplikasi. 

7.        Cara untuk menghubungi kami

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau anda ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Informasi Pribadi anda, silahkan hubungi pegawai operator /admin aplikasi yang telah ditunjuk oleh pimpinan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara

Untuk pertanyaan atau keluhan lainnya, anda dapat menghubungi kami melalui email atau telefon melalui kontak berikut: 

      Untuk Layanan Pengguna :0813-7095-5766 | 061-42786408


  Berita Terbaru