News |    
Tes Wawancara Seleksi Kompetensi Bidang ( SKB ) Cpns Kejaksaan RI Tahun 2021 Di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara | Rapat Evaluasi Bidang Datun Se- Sumatera Utara | Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba 2021 Di Wilayah Provinsi Sumatera Utara | Launching Computer Security Incident Response Team ( CSIRT ) Kejaksaan RI | Pelaksanaan Tes Kesehatan Seleksi CPNS Kejaksaan RI Tahun 2021 di Wilayah Sumatera Utara bertempat di RSUD Dr Pringadi Medan. Selasa, 30 November 202 | Kajati Sumut menghadiri Kegiatan Syukuran atas pemanfaatan Gedung eks STIKES Haji untuk operasional RSU Haji Medan PROVSU | 

Penyuluhan Hukum Kejati Sumut di SMA N 21 Medan, Pancasila Dasar Landasan Agar terhindar dari Paham Radikalisme

*Penyuluhan Hukum Kejati Sumut Di SMA N 21 Medan, Pancasila Dasar Landasan Agar Terhindar Dari Paham Radikalisme*
MEDAN - Pemateri Juliana PC Sinaga dan moderator Ghufran Tanjung mengingatkan 21 orang siswa-siswi sekolah paling bungsu di Medan, SMA N 21 Jalan Selambo, Medan, Kamis (1/4/2021) agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita bohong (hoaks) terkait apa pun, termasuk paham radikalisme yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan kita.
"Gunakanlah waktumu dengan hal-hal yang positif, Pancasila sebagai dasar negara jadi landasan kita agar terhindar dari paham radikal dan hal-hal negatif lainnya. Lima sila dalam Pancasila telah mengajarkan kita untuk selalu menghargai sesama, musyawarah untuk mufakat dan memiliki rasa keadilan,".
Dalam acara penyuluhan hukum Penkum Kejati Sumut di SMA N 21 Medan, Juliana juga menjelaskan UU ITE dan pasal-pasal yang bisa menjerat pelaku penyebar berita bohong.
Sebelumnya, Kepala Sekolah SMA N 21 Medan, Sunariyo, S.Pd menyampaikan bahwa sekolah paling bungsu tersebut pada awalnya menumpang di SMA 14 Medan. Kemudian sejak tahun 2004, SMA N 21 Medan sudah banyak meluluskan siswa dan diterima di berbagai perguruan tinggi negeri.
"Penyuluhan hukum ini menjadi kesempatan bagi siswa-siswi untuk mendapatkan pengetahuan tentang hukum. Kalau ada pertanyaan seputar masalah hukum tanyakan kepada narasumber,".
Sementara Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian menyampaikan bahwa Penyuluhan Hukum dalam program Jaksa Masuk Sekolah adalah program berkesinambungan dari Kejaksaan RI untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.
"Kita ingin mengenalkan apa itu Kejaksaan, apa tugasnya dan mengenalkan hukum agar siswa sejak dini mengenali hukum dan menjauhi hukuman,".
Dalam kesempatan itu, Sumanggar Siagian memberikan bantuan masker dan hand sanitizer kepada Kepala Sekolah SMA N 21 Medan Sunariyo dan pihak sekolah memberikan cenderamata berupa plakat kepada Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian.

  Berita Terbaru