News |    
Tes Wawancara Seleksi Kompetensi Bidang ( SKB ) Cpns Kejaksaan RI Tahun 2021 Di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara | Rapat Evaluasi Bidang Datun Se- Sumatera Utara | Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba 2021 Di Wilayah Provinsi Sumatera Utara | Launching Computer Security Incident Response Team ( CSIRT ) Kejaksaan RI | Pelaksanaan Tes Kesehatan Seleksi CPNS Kejaksaan RI Tahun 2021 di Wilayah Sumatera Utara bertempat di RSUD Dr Pringadi Medan. Selasa, 30 November 202 | Kajati Sumut menghadiri Kegiatan Syukuran atas pemanfaatan Gedung eks STIKES Haji untuk operasional RSU Haji Medan PROVSU | 

Kunjungan Kerja Tim MKD DPR RI ke Kejati Sumut

Pada hari ini, Senin tanggal 2 September 2019 pukul 13.30 WIB di Aula Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Jalan AH Nasution Medan digelar acara Sosialisasi Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Fachruddin Siregar beserta jajarannya termasuk Kajari yang ada di bawah naungan Kejati Sumut.

Anggota Tim Kunjungan Kerja MKD ke Sumut adalah Trimedya Panjaitan, Tb Soemandjaja, Dr Junimart Girsang, Guntur Sasono, Daeng Muhammad, dan  Muslim Ayub.

Sosialisasi yang disampaikan salah seorang Pimpinan MKD TB Soemandjaja bertujuan untuk menyampaikan tugas dan kewenangan MKD berdasarkan UU No.2 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas UU No.17/2014 tentang MD3.

Penyampaian materi dan sosialisasi juga menyampaikan apa sesungguhnya tujuan MKD, yaitu menjaga serta menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat Dewan Perwakilan Rakyat.

Setelah penyampaian materi dan paparan dari MKD, Kajati Sumut Fachruddin Siregar, SH,MH menyampaikan tanggapannya atas sosialisasi MKD DPR RI terkait beberapa pasal dan menyerahkan langsung kepada tim Kunker MKD ke Kejati Sumut.

Tanggapan Kajati terhadap paparan dan sosialisasi, misalnya, dalam hal menyelidiki perkara pengaduan dan perkara tanpa pengaduan, kiranya dalam penjelasan atas UU ini dijelaskan "perkara tanpa pengaduan" klasifikasinya seperti apa, termasuk mekanisme penanganannya sesuai dasar hukum yang berlaku. Hal ini karena dalam praktenya dalam menangani suatu permasalahan pelanggaran kode etik lazimnya diawali dengan pengaduan.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto beserta jajarannya dari Kapolres terdekat, para Asisten, Kabag TU, Kajari terdekat Medan, Binjai, Belawan, Deli Serdang, Langkat dan Serdang Bedagai serta undangan lainnya.

Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata dan buku dari MKD ke Kajati Sumut dan Kapolda Sumut, demikian sebaliknya dari Kajati Sumut dan Kapolda Sumut kepada Tim MKD.


  Berita Terbaru