News |    
PERSYARATAN TES KESEHATAN CPNS KEJAKSAAN RI TAHUN 2021 DI KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA UTARA BERTEMPAT DI RSUD Dr. PRINGADI KOTA MEDAN | Kajati Sumut IBN Wiswantanu Hadiri Pembukaan KIM Expo 2021 | Kajati Sumut Menjadi Narasumber Pada Kegiatan Pelatihan Legal Risk Awareness PT. BNI Kantor Wilayah 01 | Rapat Negosiasi ke-5 dengan PT. Bank Sumut terkait penyelesaian tunggakan tagihan kredit Debitur Bank Sumut yang Bermasalah | Kejati Sumut meraih penghargaan lelang awards terbaik ke -2 dalam kategori utilisasi dan optimalisasi barang milik negara | Asdatun dilantik sebagai anggota panitia urusan piutang negara | 

Kuliah Umum Jaksa Agung Muda Intelijen di Universitas Sumatera Utara Medan.

Medan, 6 Maret 2019 Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung RI Dr. Jan S Maringka memberikan Kuliah Umum dengan tema “Generasi Milenial, Generasi sadar hukum” - Kenali Hukum dan Jauhkan Hukuman, yg bertempat di Auditorium Universitas Sumatera Utara. Jamintel juga hadir bersama, Direktur B Muhammad Yusuf  Pada Jamintel,  Kajati Sumut Fachrudin Siregar, Kajati Aceh Irdham, Kajati Sumbar Priyanto, para Asisten di Kejatisu, Kabag TU, para Kajari se-Sumatera Utara dan juga dihadiri  Rektor USU, Rektor UNIMED, Rektor UIN, Direktur POLMED, Perwakilan Rektor dari beberapa Universitas Swasta dimedan, para Direktur BUMN & BUMD, para Kepala SKPD Provinsi Sumut dan para Mahasiswa/i USU, POLMED, UNIMED, UIN dan perwakilan mahasiswa perguruan tinggi swasta di medan yang berjumlah lebih kurang 1600 peserta. diawali dengan sambutan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu SH.MHum, kedatangan Jamintel untuk menyampaikan kuliah umum juga mendapat sambutan dari berbagai elemen yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam materi kuliahnya Jamintel menyampaikan fungsi kejaksaan, dan point penting mengenai kesadaran hukum, reformasi hukum, pemilu 2019 dan jaga negeri. Upaya yang paling dikedepankan Kejaksaan saat ini adalah upaya preventif agar masyarakat semakin sadar hukum dan menjauhkan diri dari hukuman. Menjelang pemilihan umum legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 17 April 2019 nanti, kejaksaan juga masuk sebagai bagian dari Gakkumdu bekerja sama dengan Kepolisian, KPU dan Bawaslu. Jamintel menghimbau generasi millenial semakin menyadari arti pentingnya berpartisipasi dalam menyalurkan hak suaranya pada Pemilu dan Pileg nanti. Dalam sesi tanya jawab, salah satu  mahasiswa Fakultas Hukum USU menanyakan apakah mahasiswa bisa melakukan pengawasan terhadap oknum jaksa yang nakal?

Jamintel menyampaikan bahwa  sekarang adalah era keterbukaan informasi, pengawasan terhadap institusi kejaksaan selain dilakukan oleh bidang pengawasan, kejaksaan dilakukan juga oleh Komisi Kejaksaan dan saat ini seluruh elemen masyarakat bisa menyampaikan laporan secara online (aplikasi e-Lapdu) tentang kejaksaan. Pada kesempatan itu, Jamintel juga menyampaikan bahwa bidang intelijen juga melakukan pengawasan terhadap aliran kepercayaan yang ada ditengah-tengah masyarakat (Pakem). Pengawasan yang dilakukan adalah sebagai upaya preventif untuk menghindari terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat. Institusi kejaksaan saat ini sedang melakukan reformasi birokrasi dengan mengedepankan upaya preventif kepada seluruh elemen masyarakat. Jaksa adalah sahabat masyarakat, maka seluruh elemen masyarakat perlu diedukasi tentang hukum agar mengerti hukum, taat hukum dan menjauhi hukuman.


  Berita Terbaru